Skinpress Rss

Jumat, 31 Desember 2010

11 Gangguan Kepribadian Seseorang

0

http://images.rifarida.multiply.com/image/tZ3e-uQ3K9kpEHbIEjEEYA/photos/1M/300x300/316/13-5-2009-p2009tanda-tanya.gif?et=9MJz%2C%2BYa6N3Tw%2CDdvdEbRg&nmid=0
Berikut adalah tanda-tanda gangguan kepribadian seseorang 

1. Paranoid
Suatu gangguan kepribadian yang ditandai dengan ciri-ciri khas hipersensitivitas, kecurigaan, dan kecenderungan untuk menyalahkan orang lain.


2. Schzoid
Selalu menjauhkan diri dari orang lain serta memiliki pemikiran yang eksentrik.


3. Schizotypal
Ciri kepribadian yang terganggu yang ditandai dengan pengucilan diri dari orang lain serta pikiran-pikiran yang eksentrik (aneh, sinting, kegila-gilaan). Mirip schizophrenia, tetapi tidak begitu parah.

Tanda-tanda gangguan di atas dikelompokan pada kelompok A yaitu orang yang aneh dan Eksentrik

4. Anti-sosial
Ketidakmauan untuk berasosiasi dengan individu-individu lain atau kelompok-kelompok lain. Sikapnya selalu melawan standar sosial, dan karenanya berbahaya bagi masyarakat.

5. Borderline
Orangnya tidak stabil dalam tingkah laku, suasana hati, hubungan dengan orang lain, dan konsep diri.

6. Histronie
Gangguan kepribadian yang ditandai dengan kehebohan, dramatisasi diri, pembujukan dan usaha untuk mencari perhatian.

7. Narcisstic
Ditandai dengan cinta diri yang sering dikaitkan dengan kepuasan erotis. Ia sangat menyayangi tubuhnya, perbuatan dan kemampuannya.

Tanda-tanda gangguan di atas dikelompokan pada kelompok B yaitu Orang-orang dramatis, emosional dan tak menentu.

8.  Avoidant
Cirinya adalah kepekaan yang berlebihan terhadap penolakan orang lain, sehingga ia tidak mau berhubungan dengan orang lain, takut kalau ditolak.
 
9.  Dependent
Sangat kurang percaya diri, sehingga ia cepat menyerahkan diri kepada orang lain. Karenanya mereka tidak bisa mengambil keputusan di dalam hidup mereka tanpa orang lain.

10. Obsessive-compulsive
Adanya ide (obsesi) yang tegar melekat dan sering tidak dikehendaki diiringi dengan perbuatan yang tidak masuk akal. Seseorang akan mencuci tangannya setiap lima menit karena takut akan bakteri yang akan membinasakannya. Atau, seorang yang sebentar-sebentar memeriksa kunci pintu apakah terkunci atau tidak, jangan-jangan ada maling yang sedang mondar-mandir di halaman rumahnya. Usaha-usaha seperti itu adalah usaha untuk menghilangkan perasan bersalah.

11. Passive-aggressive
Ditandai dengan pemberontakan melalui ketidakaktifan dan sikap keras kepala.

Tanda-tanda gangguan di atas dikelompokan pada kelompok C yaitu  Ditandai dengan kecemasan, ketakutan dan suka bertingkah.

0 komentar:

Posting Komentar